Cari Blog Ini

Sabtu, 30 Oktober 2010

TIPS PERAWATAN SEPEDA MOTOR

pengen berbagi dikit nih tentang tips perawatan sepeda motor, mudah mudahan aja bermanfaat..

pada dasarnya sepeda motor dibuat dengan segala rancangan, petimbangan dan ukuran. tapi banyak modifikasi pada sepeda motor yang mengakibatkan kerusakan bahkan kecelakaan yang merugikan orang lain.

contohnya penggantian ban dngan ukuran yang terlalu kecil yang tidak sesuai dengan kecepatan maksimal sepeda motor dan beban kendaraan tsb, dapat mengakibatkan kecelakaan yang merugikan orng lain.

Penggantian komponen mesin dengan yang imitasi ataupun yang tidak sesuai dengan ukuran standartnnya, dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen terlemah pada mesin..

contoh : penggantian pegas kopling standart dengan pegas yang bertekanan lebih besar dari pegas standartnya. mengakibatkan kanvas kopling lebih cepat aus, bahkan bila terlalu keras mengakibatkan reles bearing rusak, untuk motor tipe kopling manual biasanya kabel kopling sering putus.

jadi jika ingin sepeda motor dan pengendarannya panjang umur pakailah suku cadang yang standart terutama pada ukurannya.

untuk tips perawatannya sebenarnya mudah selalu lakukan perawatan berkala.

1. gantilah oli setiap 2500km, ganti oil filter setiap 5000km
2. jangan gonta ganti oli dengan merk, SAE, dan API service yang berbeda beda sebab oil film menjadi tidak stabil.
3.pakailah bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin. dengan melihat type dan Ratio kompresi mesin. untuk mesin injeksi pakailah bahan bakar yang lebih berkwalitas, dan semakin tinggi ratio mkimpresi mesin membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi pula.
4. lakukan penggantian busi minimal setiap 7500km, bila perlu pakailah busi rendah hambatan yaitu busi platinum atau iridium.
5.lakukan pembersihan karlburator minimal setiap 7500km.
6. lakukan service besar tiap 10.000km. yaitu pembersihan ruang bakar dari kerak sisa pembakaran dsb.
7.bila terjadi kerusakan pada sepeda motor jangan dibiarkan berlarut larut sebab dapat merusak komponen lainnya yang berhubungan.

ingat. . . ! faktor terbesar yang mengakibatkan kerusakan dan kecelakaan pada sepeda motor adalah penggantian komponen yang ukurannya tidak sesuai dan melebihi toleransi ukuran..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar